Money Management Calculator

Cara menggunakan Money Management Calculator

Posted by martadisastra on 2016/06/03 08:32 AM

Money Managment Calculator (MMC) merupakan aplikasi kalkulator yang berfungsi untuk mengatur proporsi Modal anda dalam persediaan Cash, anggaran Investasi dan anggaran Trading di dalam Pasar Saham. MMC bertujuan untuk memudahkan anda disiplin dalam melakukan Investasi dan Trading.

Pada awalnya, MMC dibuat untuk memenuhi kebutuhan penulis dalam hal disiplin dalam trading dan investasi. Konsep dasarnya pembagian proporsi modal menjadi tiga bagian yang digunakan untuk melakukan transaksi trading (T), investasi (I), dan persediaan Cash (C). Tiga bagian tersebut merupakan bagian persentasi dari modal.

Untuk penulis sendiri formasi yang biasa digunakan dalam transaksi di pasar saham ialah 40T-40I-20C. Maksudnya ialah 40% dari modal digunakan untuk transaksi Trading, 40% lainnya digunakan untuk transaksi Investing, dan sisanya yaitu 20% digunakan sebagai cash cadangan.

Transaksi Trading sendiri menurut penulis ialah aktivitas jual beli di pasar saham yang dilakukan dalam kurun waktu singkat. Definisi waktu singkat menurut penulis ialah minimal dalam kurun waktu 3 Hari setelah melakukan transaksi. Transaksi Investasi menurut penulis ialah aktifitas jual beli di pasar saham yang dilakukan dalam kurun waktu minimal 1 tahun.

Cash menurut penulis ialah sejumlah uang yang memang dikhususkan untuk digunakan dalam keadaan terdesak atau urgent. Maksudnya ialah jika terjadi sesuatu di Pasar Saham, seperti terjadi mini crisis di pasar saham, dan lain sebagainya.

Formasi tersebut diatas dapat diubah sesuai dengan keinginan , dapat pula dikatakan formasi tersebut bersifat fleksibel dan dapat mengikuti keinginan semua orang.

Dari akhir tahun 2015 penulis selalu menerapkan disiplin transaksi di Pasar saham dengan menggunakan MMC. MMC sangat membantu penulis agar dapat membatasi transaksi yang berlebih di pasar saham.

Selain itu, MMC  juga dapat membuat tujuan transaksi kita di pasar saham menjadi lebih jelas dan rapih, maksudnya ialah kita dapat membagi saham mana yang kita beli untuk disimpan dalam jangka waktu pendek atau panjang.

 

Cara menggunakan Money Management Calculator (MMC)

Kondisi Ketika Belum memiliki Portofolio Perusahaan

Langkah pertama, Masukkan nominal uang yang anda depositkan di Pasar Saham di kolom Modal. Misal dalam contoh ini Ialah Rp.10.000.000. Seperti ditunjukan pada gambar dibawah

Langkah kedua, Masukan presentase formasi proporsi modal, dalam contoh ini ialah 20% untuk Cash, 40% untuk transaksi Trading, dan 40% untuk Transaksi Investasi. Dengan begitu, maka kalkulator akan menghitung berapa uang yang dapat digunakan untuk transaksi Trading, Transaksi Investing, dan berapa uang sebagai cadangan. Hal tersebut ditunjukkan pada gambar dibawah.

Begitulah cara menggunakan MMC jika kondisi anda belum memiliki Portofolio Perusahaan.

 

Kondisi ketika sudah memiliki beberapa Perusahaan

Langkah pertama dan kedua sama seperti kondisi ketika belum memiliki Portofolio perusahaan.

Langkah ketiga ialah hanya memasukan portofolio perusahaan yang dimiliki.

Contoh: Misal saya sudah memilki portofolio perusahaan Matahari Putra Primma Tbk (MPPA) 1000 lembar dengan harga Rp. 1350 dan Tower Bersama Infrastrukture Tbk. (TBIG) 300 lembar dengan harga Rp. 6700. Lalu kedua perusahaan tersebut dipisah menjadi Portofolio perusahaan untuk transaksi Trading dan transaksi Investasi

MPPA masuk kedalam Transaksi Trading dan TBIG masuk kedalam transaksi Investasi, maka hasilnya akan seperti gambar dibawah:

Sehingga dengan portofolio perusahaan yang saya punya, saya memiliki budget untuk transaksi Trading sebesar Rp. 2.650.000 dan budget untuk transaksi Investasi sebesar Rp. 1.990.000 .

 

Kondisi ketika modal ditambah dan sudah memilki portofolio perusahaan.

Langkah pertama hingga langkah ketiga sama persis pada kondisi sebelum ini.

Langkah keempat, ialah dengan mengganti modal Rp. 10.000.000 diawal dengan modal yang sudah ditambahkan. Dalam contoh ini saya menambah modal sebesar Rp. 5.000.000, sehingga total modal menjadi Rp. 15.000.000. Seperti ditunjukkan dalam gambar dibawah.

Dengan begitu proporsi untuk Trading, Investing, dan Cash menjadi bertambah dan menyesuaikan dengan portofolio perusahaan yang  dimiliki.

 

Demikianlah penjelasan tentang MMC yang dibuat oleh tim Ezinvesting. Harapan kami  MMC ini dapat berguna bagi investor agar disiplin dalam mengelola dana di Pasar Saham.

Jika ada pertanyaan lebih lanjut dapat melalui:

Email: ezinvesting.info@gmail.com

Twitter: @Ezinvestingnet

Fanpage Facebook: EZ investing

Salam Hormat Tim EZ investing.

Artikel lainnya..

GMFI diakumulasi Bandar ??

Net Foreign Sell Februari

Outlook 2k18

ads