NELY: Apakah Saham ini Salah Harga ???

Analisis tentang PT PELAYARAN NELLY DWI PUTRI Tbk

Posted by martadisastra on 2019/01/13 17:14 PM

Dikutip dari Websitenya , PT PELAYARAN NELLY DWI PUTRI Tbk (NELY) adalah perseroan yang bergerak dalam bidang jasa dan konsultasi pelayaran. Kegiatan usaha PT PELAYARAN NELLY DWI PUTRI Tbk saat ini terbagi menjadi 2 jenis usaha, yaitu Jasa Pelayaran dan Jasa Pembangunan & Perbaikan Kapal.

Selain itu NELY juga mempunyai perusahaan dibidang Energi Listrik yaitu PT. Nelly Energi Lestarindo. Lalu, pada 2017 NELY membuat anak usaha dibidang pelayaran angkutan prang, hewan, maupun barang  yaitu PT Pelayaran Hasko Hanly Global.

Tidak seperti perusahaan pelayaran lainnya yang biasanya fokus mengangkut komoditas Batubara, mayoritas komoditas yang diangkut NELY adalah kayu.

Dikutip dari paparan public expose NELY

Berikut adalah tabel kinerja fundamental NELY

Dilihat dari tabel diatas. NELY memiliki rasio fundamental yang menarik.

NELY memiliki PER terbilang kecil yaitu 8.32x, lalu memiliki PBV dibawah 1x yaitu 0,76x, dan Memiliki rasio hutang yang terbilang kecil, dilihat dari DER hanya 9%. Dilihat dari rasio PER dan PBV, menurut kami harga saham NELY sudah termasuk murah.

Pada Kuartal III 2018 NELY mencaatkan pertumbuhan pendapatan sebesar 26,3% dan Laba tahun berjalan tumbuh 200%.

Jika dilihat secara teknikal, saham NELY kurang menarik karena volume perdagangan harian yang kecil sehingga harga gampang naik-turun. Lalu kapitalisasi pasar hanya 310 Milyar.

Salah satu yang menarik dari NELY ialah tiap tahun setelah IPO, perusahaan rajin membagikan dividen tahunan baik itu ketika pasar emiten perkapalan sedang lesu. NELY juga memiliki anak usaha dibidang energi listrik, yang kedepannya memiliki potensi untuk berkontribusi dalam pendapatan perusahaan. Apalagi kalau perusahaan energi listrik tersebut berfokus dalam pengembangan EBT.

Namun, dibalik bagusnya kinerja fundamental terdapat beberapa sentimen yang memengaruhi NELY.

  • Naiknya harga Minyak, karena memengaruhi beban Bahan Bakar kapal NELY
  • Depresiasi rupiah dapat memengaruhi untuk menambah beban bahan baku bagi anak usaha NELY
  • Penurunan pendapatan dari sewa tongkang perusahaan kayu, karena pendapatan NELY mayoritas didapat dari sewa tongkang untuk menngangkut kayu perusahaan kayu (RAPP merupakan pelanggan terbesar)
  • DLL.

Disclaimer On

Kritik dan Saran dapat melalui:

Email: ezinvesting.info@gmail.com

Twitter: @Ezinvestingnet

Fanpage Facebook: EZ investing

Artikel lainnya..

Emiten Perkapalan dengan PER kecil

GMFI diakumulasi Bandar ??

Net Foreign Sell Februari

ads