Outlook 2k18

Beberapa opini tentang sentimen yang memengaruhi pasar saham

Posted by martadisastra on 2017/11/26 20:47 PM

Banyak sentimen-sentimen yang akan memengaruhi IHSG pada tahun 2018 baik itu sentimen dari dalam negeri maupun luar negeri.

Pertama, Tahun 2018 dapat dibiang merupakan tahun politik. Karena pada pertengahan Tahun atau lebih tepatnya bulan Juni akan dilangsungkan Pilkada serempak. Hal ini mungkin akan memengaruhi kondisi stabillitas politik Indonesia, mengingat panasnya pilkada tahun 2017 yang sangat panas terutama untuk Pilkada DKI. Dan bukan tidak mungkin isu-isu yang digunakan saat Pilkada DKI Jakarta akan digunakan kembali untuk di Pilkada tahun 2018 terutama daerah-daerah “lumbung suara” untuk Pemilu 2019. Sehingga diharapkan Pemerintah bersama-sama dengan K/L terkait dapat meredam isu-isu sensitif seputar pemilu. Jika stabilitas Pilkada tidak dapat diredam, mungkin akan berakibat investor pasar modal terutama investor asing akan menarik dananya di pasar modal Indonesia, mungkin akan menyebabkan mini shock di pasar modal dan akan melemahkan IHSG untuk jangka waktu pendek.

Namun terlepas dari itu, terdapat beberapa sektor yang akan diuntungkan dari adanya pergelaran Pilkada ini. Diantaranya yaitu sektor media, karena  biasanya calon kepala daerah sering memanfaatkan iklan televisi atau radio  untuk berkampanye. Lalu sektor consumer good, karena biasanya calon kepala daerah sering membagikan sembako untuk menarik simpati masyarakat.

Kedua, implementasi kebijakan LTV spasial dan program sejuta rumah oleh pemerintah. Kedua sentimen tersebut dapat memengaruhi sektor properti. Lebih spesifik lagi akan menguntungkan emiten yang berfokus pada properti untuk masyakarat menengah-kebawah.

Ketiga, Perhelatan Event Asian Games pada bulan agustus 2018. Sentimen iini akan memengaruhi sektor pariwisata terutama emiten yang bergerak dibidang agen perjalanan dan perhotelan karena event ini akan banyak kedatangan wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Momentum ini seharusnya dapat dimaksimalkan sekaligus ajang promosi wisata-wisata yang ada di Indonesia sehingga nantinya akan dapat meningkatkan perekonomian Indonesia.

Keempat, Kenaikan anggaran infrastruktur dalam postur APBN 2018. Infrastruktur merupakan salah satu fokus pemerintah sampai tahun 2019, sehingga anggaran untuk infrastruktur setiap tahun dari tahun 2015 terus meningkat. Dengan adanya fokus pemerintah terhadap infrastruktur untuk tahun 2018 akan memengaruhi emiten infrastruktur.

Kelima, terdapat sentimen dari Luar negeri diantaranya Normalisasi neraca keuangan the fed dan Kenaikan the fed rate, lalu ada pengetatan kebijakan moneter yaitu penguranga stimulus oleh ECB di eropa dan BoJ dari jepang. Sentimen-sentimen tersebut akan berdampak penarikan dana oleh investor asing di pasar modal Indonesia. Jika hal tersebut terjadi, mungkin akan memengaruhi pergerakan nilai tukar rupiah untuk jangka pendek. Selain itu sentimen ini dapat memengaruhi sektor perbankan

Keenam, tren kenaikan harga komoditas dunia. Kenaikan harga komoditas dunia akan berdampak pada emiten-emiten pertambangan. Lalu untuk emiten sawit, mungkin emiten CPO yang pendapatan terbesar dihasilkan dari ekspor harus mencari pasar baru seperti negara sedang berkembang. Hal ini dikarenakan adanya kampanye-kampanye negatif untuk menolak CPO asal indonesia yang dilakukan negara-negara Eropa dan Amerika Serikat. Sehingga dapat memengaruhi kinerja dari Emiten sawit.

Secara keseluruhan yang perlu diwaspadai untuk tahun depan menurut penulis ialah stabillitas politik terkait pilkada serentak tahun 2018, karena dapat memengaruhi keputusan investor lokal dan asing yang akan berinvestasi di Indonesia. Momentum dari tingginya pertumbuhan Investasi Indonesia jangan sampai terhambat karena guncangan stabilitas politik. Dan stabilitas politik juga dapat memengaruhi fokus kerja pemerintah (dalam hal ini Presiden) untuk menyelesaikan program pemerintah yang telah ditargetkan rampung pada tahun 2018, jika pemerintah terlalu terusik oleh stablitas politik maka rencana program pemerintah untuk tahun 2018 akan terhambat, dan ujungnya dapat memengaruhi pertumbuhan ekonomi

Disclaimer On

Kritik dan Saran dapat melalui:

Email: ezinvesting.info@gmail.com

Twitter: @Ezinvestingnet

Fanpage Facebook: EZ investing

 

Artikel lainnya..

GMFI diakumulasi Bandar ??

Net Foreign Sell Februari

Ekspor - Impor Indonesia Bulan Mei 2017

ads