Tulisan Mingguan: 12 - 16 Juni 2016

Tulisan tentang review IHSG seminggu kebelakang, 1 minggu kedepan, serta rekomendasi Saham apa yang layak dibeli.

Posted by martadisastra on 2017/06/11 14:24 PM

Range gerak IHSG untuk minggu ini 5590-5784, support terdekat berada pada level 5300 dan resist berada pada level 5900.

IHSG pada minggu kemarin (5-9 Juni 2017) bergerak cenderung melemah sebesar 1,17% di bandingkan minggu sebelumnya (29 Mei - 2 Juni 2017). Pada Minggu kemarin tejadi net foreig sell di pasar reguler sebesar 856 Milyar Rupiah, nilai yang cukup besar secara mingguan, dan sepanjang bulan Juni telah terjadi  net foreign sell  di pasar reguler sebesar 613 Milyar Rupiah.

Aktivitas perdagangan pada minggu kemarin menurut Tim EZinvesting cenderung sepi, dan investor asing sepertinya cenderung wait n see. Hal ini mungkin dikarenakan mereka menunggu pengumuman dari The Fed yang akan mengumumkan keputusan suku buka The fed pada hari kamis dini hari Waktu Indonesia Barat. 

Jika dilihat dari indikator MA, chart IHSG sudah hampir menembus MA50, memungkinkan terjadi koreksi untuk jangka pendek. Berdasarkan indikator MFI, pada minggu kemarin aksi jual dan beli investor relatif sama besar. 

Sehingga untuk minggu ini, sepertinya IHSG bergerak cenderung menguat terbatas dan arus dana investor asing masih jadi faktor penggerak IHSG.

REKOMENDASI SAHAM

MIKA

Spoiler!

MIKA akumulasi beli di range 1700-1850, support 1700 dan resist 2200.

Berdasarkan indikator MA dan MFI, saham MIKA masih berpotensi untuk melemah. Minggu kemarin juga masih terjadi net foreign sell  di pasar reguler sebesar 10 Milyar rupiah. Sehingga untuk minggu depan masih berpeluang melanjutkan pelemahan.

Untuk investor jangka pendek atau trader mungkin kami tidak menyarankan untuk membeli MIKA. Tapi untuk investor jangka panjang, kami menyarankan untuk menyicil membeli saham ini. Karena fundamental dari saham MIKA masih bagus menurut kami, malah jika terus semakin turun maka kami justru melanjutkan nyicil beli saham ini.

Penurunan saham MIKA mungkin dikarenakan kinerja keuangan Kuartal I yang kurang memuaskan, karena hanya tumbuh sekitar 0,4% jika dibandingkan dengan kuartal I tahun 2016. Mungkin investor-investor beranggapan bahwa kinerja MIKA untuk kuartal-kuartal selanjutnya akan tidak jauh berbeda dengan kuartal I ini yaitu tidak terjadi pertumbuhan laba yang cukup besar.

Namun, menurut kami masih ada investor-investor yang nyangkut (membeli diatas harga pasar saat ini) di saham ini, hal ini dapat dilihat dari gambar dibawah:

Dari gambar diatas, investor dengan broker AK (UBS Securities) sebagai top buyer dengan buy avarage di harga 2339 dengan net buy value sebesar 100,7 Milyar Rupiah selama bulan Mei hingga minggu kemarin.

Kami tidak tahu apakah itu termasuk "sedang diakumulasi bandar" atau sedang di akumulasi atau malah justru sedang di distribusi. Tapi yang jelas ada investor yang masih nyangkut di atas harga pasar saat ini.

Disclaimer On

Email: ezinvesting.info@gmail.com

Twitter: @Ezinvestingnet

Fanpage Facebook: EZ investing

 

Artikel lainnya..

GMFI diakumulasi Bandar ??

Net Foreign Sell Februari

Outlook 2k18

ads