Cerita Saham: Saham Pertama

Cerita Saham merupakan tulisan tentang pengalaman penulis selama terjun di Dunia Pasar Saham

Posted by utampan on 2017/06/03 20:55 PM

Spoiler!

Pada tahun 2013 setelah mengikuti Sekolah Pasar Modal yang diselenggarakan oleh BEI saya langsung membuka rekening efek. Lalu, dengan sedikit tabungan, saya mendepositkan untuk bertransaksi di pasar saham.

Sebagai seorang pemula pasti akan bingung untuk memilih saham apa yang cocok untuk dibeli, karena pada saat itu saya memiliki dana terbatas dan pengetahuan tentang saham yang terbatas juga.

Makanya,  Beruntung sekali untuk investor-investor pemula sekarang, karena banyaknya seminar-seminar gratis yang diadakan oleh BEI hingga ke kota-kota. Waktu tahun 2013 masih jarang seminar-seminar yang diberikan secara gratis dan rata-rata berbayar, untuk seorang mahasiswa mungkin sedikit memberatkan hahaha…, dan juga untuk sekarang sudah banyak kantor perwakilan BEI dibuka di berbagai kota

Setelah melihat-lihat dan menimbang, akhirnya saya memutuskan untuk membeli CPGT yang pada saat itu baru saja IPO.

Pertimbangan saya memilih CPGT ialah, Pertama, karena harganya cocok dengan kemampuan cash saya.

Kedua, saya berpikiran bahwa untuk pemula di pasar saham sebaiknya membeli Saham perusahaan  yang saya tahu/kenal. Kebetulan pada saat itu di kota saya (Bandung) travel Cipaganti sedang ekspansi cukup agresif dan menurut saya Travel Cipaganti memegang market share untuk shuttle travel Jakarta-Bandung pada waktu itu, sehingga menurut saya prospeknya masih cukup cerah.

Saat itu saya membeli CPGT pada harga 415, pembelian saat itu tanpa didasari Indikator Teknikal maupun Fundamental perusahaan. Secara teknikal, harga 415 sudah sangat tinggi untuk CPGT.

Dan akhirnya apa yang tidak diharapkan investor pemula pun terwujud, ketika saya baru  membeli saham CPGT,  harga saham tersebut seketika langsung turun. Lalu setelah Tiga bulan di simpan akhirnya saya memutuskan untuk menjual di harga 270. Berarti saya telah rugi kurang lebih sebesar 30%. Saya merasa beruntung tidak menyimpan saham CPGT terlalu lama, karena jika saya menyimpan hingga sekarang harga saham CPGT tidak bergerak di harga Rp. 50.

Pelajaran yang dapat diambil dari kejadian tersebut: Jika ingin mulai Investasi di pasar saham sebaiknya mempelajari dahulu tentang seluk-beluk pasar saham, baiknya saya sarankan anda memiliki mentor yang membimbing kita di pasar saham.

Saya selalu mengibaratkan ketika awal masuk ke pasar saham itu seperti masuk kedalam hutan belantara untuk memburu. Jadi sebaiknya sebagai investor pemula harus mempersiapkan senjata (dalam hal ini pengetahuan tentang pasar saham baik itu indikator teknikal atau fundamental) agar dapat bertahan di dunia pasar saham.

Dalam kasus saya diatas, ibaratnya itu saya masuk kedalam hutan belantara (pasar saham) untuk memburu dengan hanya bermodalkan pisau, karena saya hanya sedikit mengetahui pasar saham.

Jadi, Apa saham pertama yang Anda beli ?

 

Disclaimer On

Kritik dan Saran dapat melalui:

Email: ezinvesting.info@gmail.com

Twitter: @Ezinvestingnet

Fanpage Facebook: EZ investing

Artikel lainnya..

GMFI diakumulasi Bandar ??

Net Foreign Sell Februari

Outlook 2k18

ads